Senin, 25 September 2017

TEORI BELAJAR

Sumber foto: koleksi pribadi

Selain menguasai materi guru sebaiknya menguasai  tentanteori-teori belajar, agar dapat mengarahkan peserta didik  berpartisipasi   secara intelektual dalam belajar, sehinggabelajar menjadi   bermakna bagi siswa
Psikologi belajar atau disebudengan Teori Belajar adalah teor yang  mempelajari perkembangan  intelektua (mental) siswa.

1.      Teori belajar behavioristik/ tingkah laku
Berikut dipaparkan empat teori belajatingkah laku yaitteori belajar dari Thorndike, Skinner, Pavlov, dan Bandura.

a.      Teori Belajar dari Thorndike
Edward Lee Thorndike (1874–1949) hukubelajar Law of effect.  Belajar akan  lebih berhasil  bila respon siswterhadap suatu stimulus segerdiikutdengan rasa senang  atau kepuasan. stimulus-respon yandikemukakan Thorndike indisebut juga teori  belajakoneksionisme.
b.      Teori Belajar Pavlov
Pavlov terkenal dengateorbelajar klasikKonsep  pembiasaa(conditioning) aga siswa belajadengan baik makharu dibiasakan.
c.   Teori Belaja Skinner
Burhus Frederic Skinner menyatakan bahwa ganjaraatapenguatan mempunyai peranan  yang  ama penting   dalam   proses   belajar.
d.  Teori belajar Bandura
Bandura mengemukakan bahwa siswa belajar melalumeniru. Gurharumenjadi manusia model yang profesional.
e.  Teori belajar Vygotsky
Vygotskmenyatakan bahwa siswdalam mengkonstruksi suatkonsep perlu memperhatikan lingkunga sosial.
f.   Teori Belajar Ausubel 
Teorbelajar Ausubel terkenal dengan belajar bermakndan pentingnya pengulangan sebelu belajar  dimulai.

(sumber "SUMBER BELAJAR PENUNJANG PLPG 2016")


gambar Guru Mengajar

sumber foto : google

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungannya... semoga bermanfaat...