Sumber foto: koleksi pribadi |
Selain menguasai materi guru sebaiknya menguasai tentang teori-teori belajar, agar dapat mengarahkan peserta didik berpartisipasi secara intelektual dalam belajar, sehinggabelajar menjadi bermakna bagi siswa
Psikologi belajar atau disebut dengan Teori Belajar adalah teori yang mempelajari perkembangan intelektual (mental) siswa.
1. Teori belajar behavioristik/ tingkah laku
Berikut dipaparkan empat teori belajar tingkah laku yaitu teori belajar dari Thorndike, Skinner, Pavlov, dan Bandura.
a. Teori Belajar dari Thorndike
Edward Lee Thorndike (1874–1949) hukum belajar Law of effect. Belajar akan lebih berhasil bila respon siswa terhadap suatu stimulus segera diikuti dengan rasa senang atau kepuasan. stimulus-respon yang dikemukakan Thorndike ini disebut juga teori belajar koneksionisme.
b. Teori Belajar Pavlov
Pavlov terkenal dengan teori belajar klasik. Konsep pembiasaan (conditioning). agar siswa belajar dengan baik maka harus dibiasakan.
c. Teori Belajar Skinner
Burhus Frederic Skinner menyatakan bahwa ganjaran atau penguatan mempunyai peranan yang amat penting dalam proses belajar.
d. Teori belajar Bandura
Bandura mengemukakan bahwa siswa belajar melalui meniru. Guru harus menjadi manusia model yang profesional.
e. Teori belajar Vygotsky
Vygotsky menyatakan bahwa siswa dalam mengkonstruksi suatu konsep perlu memperhatikan lingkungan sosial.
f. Teori Belajar Ausubel
Teori belajar Ausubel terkenal dengan belajar bermakna dan pentingnya pengulangan sebelum belajar dimulai.
(sumber "SUMBER BELAJAR PENUNJANG PLPG 2016")
gambar Guru Mengajar
0 komentar:
Posting Komentar