Analisis
kelemahan dan kesesuaian setiap
kompetensi dasar dan indikator
pencapaian kompetensi pada silabus SD/SMP/SMA/SMK
Penentuan
IPK pada setiap KD yang ada
Kompetensi
Dasar
3.1 Memahami
konsep
gerak
spesifik dalam
berbagai permainan
bola
besar sederhana dan atau
tradisional *)
4.1 Mempraktikkan gerak spesifik dalam berbagai permainan bola besar
sederhana dan atau tradisional *)
CONTOH
1
Indikator
Pencapaian Kompetensi
3.1.1. Mengidentifikasikan berbagai gerak spesifik menendang, menahan dan menggiring bola
permainan sepak bola.
3.1.2. Menjelaskan gerak
spesifik menendang, menahan dan menggiring bola permainan sepak
bola.
3.1.3. Menjelaskan cara melakukan gerakan menendang, menahan dan menggiring bola permainan sepak bola.
4.1.1. Melakukan gerak spesifik
menendang, menahan dan menggiring bola permainan sepak bola.
4.1.2.
Menggunakan gerak spesifik menendang, menahan
dan menggiring bola dalam bentuk permainan sepak bola yang dimodifikasi.
Materi
pembelajaran
Menendang dengan kaki bagian dalam, bagian luar dan ujung
kaki
Menahan dengan kaki bagian dalam, bagian luar dan ujung kaki
CONTOH
2
Indikator
Pencapaian Kompetensi
3.1.1.
Mengidentifikasikan berbagai gerak spesifik passing, servis, smash dan blok pada permainan bola voli.
3.1.2. Menjelaskan gerak spesifik passing, servis, smash
dan blok pada permainan bola voli.
3.1.3. Menjelaskan cara
melakukan gerakan passing, servis, smash dan blok pada permainan bola voli.
4.1.1. Melakukan gerak spesifik passing, servis, smash dan
blok pada permainan bola voli.
4.1.2.
Menggunakan gerak spesifik
passing, servis, smash dan blok dalam bentuk permainan bola voli yang
dimodifikasi.
Materi
pembelajaran
Passing
bawah dalam permaianan bola voli
Servis
bawah dalam permaianan bola voli
CONTOH
3
Indikator
Pencapaian Kompetensi
3.1.1. Mengidentifikasikan
berbagai gerak melempar, menangkap, dan menggiring bola permainan bola basket.
3.1.2. Menjelaskan gerak melempar,menangkap, dan menggiring bola
permainan bola basket
4.1.1. Melakukan
gerak melempar,menangkap, dan menggiring bola permainan bola basket.
4.1.2. Menggunakan
gerak melempar,menangkap, dan menggiring bola permainan bola basket dalam bentuk permainan sederhana dengan
peraturan yang dimodifikasi
Materi
pembelajaran
Melempar bola setinggi dada, pantulan, dari atas kepala
dalam permainan bola basket
Menamngkap bola dalam permainan bola basket
CONTOH
4
KOMPETENSI
DASAR
3.3 Memahami konsep gerak spesifik jalan, lari, lompat, dan
lempar dalam berbagai permainan sederhana dan atau tradisional.
4.3 Mempraktikkan gerak spesifik jalan, lari, lompat, dan lempar
dalam berbagai permainan sederhana dan atau tradisional.
Indikator
Pencapaian Kompetensi
3.3.1.Mengidentifikasikan berbagai gerak spesifik
awalan/ancang-ancang,tumpuan, melayang di udara, dan mendarat.
3.3.2.Menjelaskan berbagai gerak spesifik awalan/ancang-ancang,
tumpuan, melayang di udara, dan mendarat.
4.3.1.Melakukan berbagai gerak spesifik awalan/ancang-ancang,
tumpuan, melayang di udara, dan mendarat.
4.3.2.Menggunakan berbagai gerak spesifik awalan/ancang-ancang,
tumpuan, melayang di udara, dan mendarat dalam bentuk perlombaan lompat jauh
menggunakan peraturan yang dimodifikasi
Materi
pembelajaran
a.
Aktivitas pembelajaran
gerak dasar awalan atau ancang-ancang (approach-run)
b. Aktivitas pembelajaran gerak spesifik
tumpuan/tolakan (take-off)
c.
Aktivitas pembelajaran
gerak spesifik melayang di udara
d. Aktivitas pembelajaran gerak dasar mendarat
CONTOH
5
Indikator
Pencapaian Kompetensi
3.3.1. Mengidentifikasikan berbagai gerak start, langkah kaki, ayunan
lengan, dan memasuki garis finish jalan cepat.
3.3.2. Menjelaskan berbagai gerak start,langkah kaki, ayunan lengan, dan
memasuki garis finish jalan cepat.
4.3.1. Melakukan berbagai gerak start,langkah kaki, ayunan lengan, dan
memasuki garis finish jalan cepat.
4.3.2. Menggunakan berbagai gerak start, langkah kaki, ayunan lengan, dan
memasuki garis finish jalan cepat dalam bentuk perlombaan dengan peraturan yang
dimodifikasi
Materi pembelajaran
Aktivitas pembelajaran gerak dasar start pendek (Short start
Aktivitas pembelajaran 1: berlari jogging dengan mengangkat paha tinggi
danpendaratan kaki menggunakan ujung telapak kaki.
Aktivitas pembelajaran 2: lari cepat dengan langkah kaki lebar
Aktivitas pembelajaran 3: koordinasi start jongkok
Aktivitas pembelajaran
4: merebahkan badan dari sikap berdiri
RANGKUMAN
REVISI
TAKSONOMI BLOOM
Oleh: Persahini Sidik & Sutjipto
Jenis dan Sub Jenis Dimensi Pengetahuan
Jenis
dan Sub Jenis Pengetahuan
|
Contoh
|
Unsur-unsur dasar yang harus diketahui
oleh siswa untuk berkenalan dengan suatu disiplin ilmu atau menyelesaikan
masalah di dalamnya.
|
|
1.
Pengetahuan
tentang istilah
2.
Pengetahuan
tentang detail suatu hal dan
unsur-unsur
|
Kosakata
teknis, simbol music
Sumber
daya alam utama, sumber informasi yang dapat dipercaya
|
B. Pengetahuan Konseptual
Hubungan antar unsur-unsur dasar dalam
suatu susunan yang besar secara fungsional
|
|
1.
Pengetahuan
tentang klasifik dan kategori
2.
Pengetahuan
tentang prinsip-
prinsip dan generalisasi
3.
Pengetahuan
tentang teori, model, dan struktur
|
Perode
waktu geologi, bentuk-bentuk kepemilikan bisnis, teorema Phytagoras, teori
evolusi, hukum Newton,
|
C. Pengetahuan Prosedural
Bagaimana melakukan sesuatu,
metode-metode dalam inkuiri, dan kriteria untuk menggunakan skill, algoritma,
teknik, dan metode
|
|
1.
Pengetahuan
tentang keahlian-keahlian khusus dan algoritma
2.
Pengetahuan
tentang teknik dan metode khusus suatu
bidang
3.
Pengetahuan
tentang kriteria untuk penentuan
ketika menggunakan prosedur yang
sesuai
|
Keahlian
untuk melukis dengan cat air
Kriteria
yang digunakan untuk penentuan ketika menerapkan prosedur yang melibatkan
Hukum-hukum Newton.
|
Pengetahuan kognitif secara umum sebagaimana kesadaran dan
pengetahuan yang dimiliki seseorang
|
|
1.
Pengetahuan strategi
2.
Pengetahuan
tentang tugas-tugas kognitif, termasuk
pengetahuan kontekstual dan
kondisional yang sesuai
|
Pengetahuan membuat garis besar
Pengetahuan
tentang tipe tes yang biasa digunaan oleh guru
Pengetahuan tentang
tuntutan kognitif dari tugas-tugas yang berbeda
|
No.
|
Level Taksonomi
|
Kata Kerja Operasional yg Dapat Diukur
|
Deskripsi Perilaku
|
1.
|
Mengingat
|
1.
Mengidentifikasi
2.
Menyebutkan
3.
Mendaftar
4.
Menunjukkan
5.
Mendefinisikan
6.
Melabel
|
Mengingat atau menyadari
informasi.
|
2.
|
Memahami
|
1.
Menjelaskan
2.
Mendeskripsikan
3.
Mengklasifikasi
4.
Mencontohkan
5.
Meringkas
6.
Mengelompokkan
|
Memahami
makna, menetapkan kembali dalam kata-kata
sendiri, menafsirkan, ekstrapolasi, menerjemahkan, merangkum, membuat ringkasan.
|
3.
|
Menerapkan
|
1.
Menggunakan
2.
Menerapkan
3.
Memecahkan
4.
Mengubah
5.
Menanggapi
6.
Menentukan
|
Menggunakan
atau menerapkan pengetahuan, mempraktikkan teori, menggunakan
pengetahuan dalam menanggapi keadaan nyata,
merespon yang dipahami.
|
4.
|
Menganalisis
|
1.
Menganalisis
2.
Menguji
3.
Mengukur
4.
Membandingkan
5.
Menafsirkan
6.
Membagi
|
Menafsirkan
elemen, prinsip-prinsip organisasi, struktur, konstruksi, hubungan internal, kualitas, keandalan komponen individu, menyeleksi hasil penerapannya.
|
5.
|
Mengevaluasi
|
1.
Menilai
2.
Meninjau
3.
Menyelidiki
4.
Mengelola
5.
Membenarkan
6.
Mempertahankan
|
Menilai
efektivitas seluruh konsep, dalam hubungannya dengan nilai-nilai output,
khasiat, kelangsungan hidup; berpikir kritis, perbandingan strategis dan
review; penghakiman yang berkaitan dengan kriteria eksternal, mengontrol.
|
6.
|
Mencipta
|
1.
Merencanakan
2.
Merevisi
3.
Mengembangkan
4.
Membangun
5.
Mengintegrasikan
6.
Memodivikasi
|
Mengembangkan struktur unik baru, sistem, model, pendekatan, ide-ide, berpikir kreatif operasi.
|
Hasil
Analisis Sutjipto
(Berdasarkan Anderson dan Krathwhol pada tahun 2001)
No.
|
Level Taksonomi
|
Kata Kerja Operasional yg Dapat Diukur
|
Deskripsi Perilaku
|
1.
|
Imitasi
|
1.
Meniru
2.
Mengopi
3.
Menyalin
4.
Mengulangi
5.
Mengikuti
6.
Mencontoh
|
Menyalin
tindakan orang lain. mengamati dan mereplikasi.
|
2.
|
Manipulasi
|
1.
Melakukan
2.
Melaksanakan
3.
Menerapkan
4.
Mengoperasikan
5.
Membangun
6.
Mencoba
|
Mereproduksi
aktivitas dari instruksi atau memori.
|
3.
|
Presisi
|
1.
Menunjukkan
2.
Menampilkan
3.
Menyelesaikan
4.
Memperbaiki
5.
Mengontrol
6.
Menyajikan
|
Melaksanakan
keterampilan terpercaya, independen dari bantuan, aktivitas cepat, halus, dan
akurat.
|
4.
|
Artikulasi
|
1.
Menggabungkan
2.
Memecahkan
3.
Mengintegrasikan
4.
Memodivikasi
5.
Merevisi
6.
Mengadaptasi
|
Beradaptasi
dan mengintegrasikan keahlian untuk memenuhi konteks baru atau tugas.
|
5.
|
Naturalisasi
|
7.
Membangun
8.
Mengelola
9.
Menciptakan
10.
Mendesain
11.
Membuat
12.
Menentukan
|
Naluriah,
usaha, sadar penguasaan aktivitas dan terkait keterampilan strategis.
|
Hasil
Analisis Sutjipto
(Berdasarkan versi RH Dave psikomotor domain)
1. Analisis kelemahan dan kesesuaian setiap kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi pada silabus
SD/SMP/SMA/SMK
Jawaban…
Analisis Tingkat Kompetensi Pada KD
Kelas/jenjang
|
KD
|
Tingkat kompetensi
|
Indicator
|
Tingkat kompetensi
|
VII/SMP
|
3.1 Memahami konsep gerak spesifik
dalam berbagai permainan bola besar sederhana
dan atau tradisional *)
4.1
Mempraktikkan gerak spesifik dalam berbagai permainan bola besar sederhana dan atau
tradisional *)
|
C 2
C2
|
3.1.1.Mendiskripsikan berbagai gerak spesifik menendang, menahan dan menggiring bola
permainan sepak bola.
3.1.2. Menjelaskan gerak
spesifik menendang, menahan dan menggiring bola permainan sepak
bola.
3.1.3. Menjelaskan cara melakukan gerakan menendang, menahan dan menggiring bola permainan sepak bola.
4.1.1. Melakukan gerak
spesifik menendang, menahan dan menggiring bola permainan sepak bola.
4.1.2. Menggunakan gerak
spesifik menendang, menahan dan menggiring bola dalam bentuk
permainan sepak bola yang dimodifikasi
|
C2
C2
C2
C2
C3
|
3.1.1.
Mendiskripsikan berbagai gerak spesifik
passing, servis, smash dan blok pada permainan bola voli.
3.1.2. Menjelaskan gerak spesifik passing, servis, smash
dan blok pada permainan bola voli.
3.1.3.
Menjelaskan cara melakukan gerakan passing,
servis, smash dan blok
pada permainan bola voli.
4.1.1. Melakukan gerak spesifik passing, servis, smash
dan blok pada permainan bola voli.
4.1.2.
Menggunakan gerak
spesifik passing, servis, smash dan blok dalam bentuk
permainan bola voli yang dimodifikasi.
|
C2
C2
C2
C2
C3
|
|||
3.1.1. Mendiskripsikan berbagai
gerak melempar, menangkap, dan menggiring bola permainan bola basket.
3.1.2. Menjelaskan gerak melempar,menangkap, dan
menggiring bola permainan bola basket
4.1.1. Melakukan gerak melempar,menangkap, dan
menggiring bola permainan bola basket.
4.1.2. Menggunakan gerak melempar,menangkap, dan
menggiring bola permainan bola basket
dalam bentuk permainan sederhana dengan peraturan yang dimodifikasi
|
C2
C2
C2
C3
|
|||
3.3 Memahami konsep gerak spesifik jalan,
lari, lompat, dan lempar dalam berbagai permainan sederhana dan atau
tradisional.
4.3 Mempraktikkan gerak spesifik jalan,
lari, lompat, dan lempar dalam berbagai permainan sederhana dan atau
tradisional.
|
C2
C2
|
3.3.1. Mendiskripsikan berbagai gerak spesifik
awalan/ancang-ancang,tumpuan, melayang di udara, dan mendarat.
3.3.2.Menjelaskan berbagai gerak spesifik
awalan/ancang-ancang, tumpuan, melayang di udara, dan mendarat.
4.3.1.Melakukan berbagai gerak spesifik
awalan/ancang-ancang, tumpuan, melayang di udara, dan mendarat.
4.3.2.Menggunakan berbagai gerak spesifik
awalan/ancang-ancang, tumpuan, melayang di udara, dan mendarat dalam bentuk
perlombaan lompat jauh menggunakan peraturan yang dimodifikasi
|
C2
C2
C2
C3
|
|
3.3.1. Mendiskripsikan berbagai
gerak start, langkah kaki, ayunan lengan, dan memasuki garis finish jalan
cepat.
3.3.2. Menjelaskan berbagai gerak start,langkah
kaki, ayunan lengan, dan memasuki garis finish jalan cepat.
4.3.1. Melakukan berbagai gerak start,langkah
kaki, ayunan lengan, dan memasuki garis finish jalan cepat.
4.3.2. Menggunakan berbagai gerak start, langkah
kaki, ayunan lengan, dan memasuki garis finish jalan cepat dalam bentuk
perlombaan dengan peraturan yang dimodifikasi
|
C2
C2
C2
C3
|
0 komentar:
Posting Komentar