Kamis, 21 September 2017

MELAYU KOPI DAUN DAN MINUM KAWO


Melayu kopi daun minum kawo adalah salah satu khas budaya kerinci yang hampir jarang kita ketemui, dikarenakan sudah banyaknya kopi bubuk yang di jual di pasaran dan bisa di dapatkan dengan mudah dan harga terjangkau. Tapi bukan Bearti melayu kopi daun dan minum kawo sudah hilang, kebiasaan ini masih bisa kita temui di beberapa desa yang ada di daerah kerinci seperti selempaung, jujun, keluru, talang kemuning.
Melayu kopi daun ini ada sejarah nya karena pada masa penjajahan biji kopi diambil oleh penjajah sehingga rakyat biasa tidak bisa menikmati biji kopi maka di ambil lah daun dari pohon kopi untuk dijadikan minuman. Disebut melayu karena daun kopi di layukan terlebih dahulu.
Melayu kopi daun dan minum kawo ini di buat dengan cara daun kopi di layu kan di atas asap kayu api hingga kering, setelah kering daun kopi dihancurkan dengan cara diremas dengan menggunakan tangan, kemudian direbus hingga berubah warna dan beraroma, kemudian diseduh dengan menggunakan saya atau batok kelapa. Inilah salah satu tradisi yang sudah berabad lamanya.

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungannya... semoga bermanfaat...