Senin, 11 September 2017

Analisis kelemahan dan kesesuaian setiap kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi pada silabus SD/SMP/SMA/SMK

Analisis kelemahan dan kesesuaian  setiap kompetensi dasar dan indikator  pencapaian kompetensi pada silabus SD/SMP/SMA/SMK


Penentuan IPK pada setiap KD yang ada
Kompetensi Dasar
3.1 Memahami konsep gerak spesifik dalam berbagai permainan bola besar sederhana dan atau tradisional *)
4.1 Mempraktikkan gerak spesifik dalam berbagai permainan bola besar sederhana dan atau tradisional *)

CONTOH 1
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1.1.    Mengidentifikasikan berbagai gerak spesifik menendang, menahan dan menggiring bola permainan sepak bola.
3.1.2.    Menjelaskan gerak spesifik menendang, menahan dan menggiring bola permainan sepak bola.
3.1.3.    Menjelaskan cara melakukan gerakan menendang, menahan dan menggiring bola permainan sepak bola.
4.1.1.    Melakukan gerak spesifik menendang, menahan dan menggiring bola permainan sepak bola.
4.1.2. Menggunakan gerak spesifik menendang, menahan dan menggiring bola dalam bentuk permainan sepak bola yang dimodifikasi.
Materi pembelajaran
Menendang dengan kaki bagian dalam, bagian luar dan ujung kaki
Menahan dengan kaki bagian dalam, bagian luar dan ujung kaki

CONTOH 2
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1.1.      Mengidentifikasikan berbagai gerak spesifik passing, servis, smash dan blok pada permainan bola voli.
3.1.2.      Menjelaskan gerak spesifik passing, servis, smash dan blok pada permainan bola voli.
3.1.3.      Menjelaskan cara melakukan gerakan passing, servis, smash dan blok pada permainan bola voli.
4.1.1.      Melakukan gerak spesifik passing, servis, smash dan blok pada permainan bola voli.
4.1.2.      Menggunakan gerak spesifik passing, servis, smash dan blok dalam bentuk permainan bola voli yang dimodifikasi.
Materi pembelajaran
          Passing bawah dalam permaianan bola voli
Servis bawah dalam permaianan bola voli

CONTOH 3
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1.1.      Mengidentifikasikan berbagai gerak melempar, menangkap, dan menggiring bola permainan bola basket.
3.1.2.      Menjelaskan gerak melempar,menangkap, dan menggiring bola permainan bola basket
4.1.1.      Melakukan gerak melempar,menangkap, dan menggiring bola permainan bola basket.
4.1.2.      Menggunakan gerak melempar,menangkap, dan menggiring bola permainan bola basket  dalam bentuk permainan sederhana dengan peraturan yang dimodifikasi
Materi pembelajaran
Melempar bola setinggi dada, pantulan, dari atas kepala dalam permainan bola basket
Menamngkap bola dalam permainan bola basket

CONTOH 4
KOMPETENSI DASAR
3.3 Memahami konsep gerak spesifik jalan, lari, lompat, dan lempar dalam berbagai permainan sederhana dan atau tradisional.
4.3 Mempraktikkan gerak spesifik jalan, lari, lompat, dan lempar dalam berbagai permainan sederhana dan atau tradisional.

Indikator Pencapaian Kompetensi
3.3.1.Mengidentifikasikan berbagai gerak spesifik awalan/ancang-ancang,tumpuan, melayang di udara, dan mendarat.
3.3.2.Menjelaskan berbagai gerak spesifik awalan/ancang-ancang, tumpuan, melayang di udara, dan mendarat.
4.3.1.Melakukan berbagai gerak spesifik awalan/ancang-ancang, tumpuan, melayang di udara, dan mendarat.
4.3.2.Menggunakan berbagai gerak spesifik awalan/ancang-ancang, tumpuan, melayang di udara, dan mendarat dalam bentuk perlombaan lompat jauh menggunakan peraturan yang dimodifikasi

Materi pembelajaran
a.        Aktivitas pembelajaran gerak dasar awalan atau ancang-ancang (approach-run)
b.       Aktivitas pembelajaran gerak spesifik tumpuan/tolakan (take-off)
c.        Aktivitas pembelajaran gerak spesifik melayang di udara
d.       Aktivitas pembelajaran gerak dasar mendarat

CONTOH 5
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.3.1.  Mengidentifikasikan berbagai gerak start, langkah kaki, ayunan lengan, dan memasuki garis finish jalan cepat.
3.3.2.  Menjelaskan berbagai gerak start,langkah kaki, ayunan lengan, dan memasuki garis finish jalan cepat.
4.3.1.  Melakukan berbagai gerak start,langkah kaki, ayunan lengan, dan memasuki garis finish jalan cepat.
4.3.2.  Menggunakan berbagai gerak start, langkah kaki, ayunan lengan, dan memasuki garis finish jalan cepat dalam bentuk perlombaan dengan peraturan yang dimodifikasi

Materi pembelajaran
Aktivitas pembelajaran gerak dasar start pendek (Short start
Aktivitas pembelajaran 1: berlari jogging dengan mengangkat paha tinggi danpendaratan kaki menggunakan ujung telapak kaki.
Aktivitas pembelajaran 2: lari cepat dengan langkah kaki lebar
Aktivitas pembelajaran 3: koordinasi start jongkok
Aktivitas pembelajaran 4: merebahkan badan dari sikap berdiri



RANGKUMAN
REVISI TAKSONOMI BLOOM
Oleh: Persahini Sidik & Sutjipto

Jenis dan Sub Jenis Dimensi Pengetahuan

Jenis dan Sub Jenis Pengetahuan
Contoh
  1. Pengetahuan Faktual
      Unsur-unsur dasar yang harus diketahui oleh siswa untuk berkenalan dengan suatu disiplin ilmu atau menyelesaikan masalah di dalamnya.
1.       Pengetahuan tentang istilah
2.       Pengetahuan tentang detail  suatu hal dan unsur-unsur
Kosakata teknis, simbol music
Sumber daya alam utama, sumber informasi yang dapat dipercaya
B.  Pengetahuan Konseptual
      Hubungan antar unsur-unsur dasar dalam suatu susunan yang besar secara fungsional 
1.       Pengetahuan tentang klasifik  dan kategori
2.       Pengetahuan tentang prinsip- prinsip dan generalisasi
3.       Pengetahuan tentang teori,  model, dan struktur
Perode waktu geologi, bentuk-bentuk kepemilikan bisnis, teorema Phytagoras, teori evolusi, hukum Newton,
C.   Pengetahuan Prosedural
      Bagaimana melakukan sesuatu, metode-metode dalam inkuiri, dan kriteria untuk menggunakan skill, algoritma, teknik, dan metode
1.       Pengetahuan tentang keahlian-keahlian khusus dan algoritma
2.       Pengetahuan tentang teknik dan  metode khusus suatu bidang
3.       Pengetahuan tentang kriteria  untuk penentuan ketika      menggunakan prosedur yang sesuai
Keahlian untuk melukis dengan cat air
Kriteria yang digunakan untuk penentuan ketika menerapkan prosedur yang melibatkan Hukum-hukum Newton.
  1. Pengetahuan Metakognitif
      Pengetahuan kognitif  secara umum sebagaimana kesadaran dan pengetahuan yang dimiliki seseorang
1.       Pengetahuan strategi
2.       Pengetahuan tentang tugas-tugas  kognitif, termasuk pengetahuan  kontekstual dan kondisional yang  sesuai
Pengetahuan  membuat garis besar
Pengetahuan tentang tipe tes yang biasa digunaan oleh guru
Pengetahuan tentang tuntutan kognitif dari tugas-tugas yang berbeda




Rounded Rectangle: DOMAIN KOGNITIFNo.
Level Taksonomi
Kata Kerja Operasional yg Dapat Diukur
Deskripsi Perilaku
1.
Mengingat
1.        Mengidentifikasi
2.        Menyebutkan
3.        Mendaftar
4.        Menunjukkan
5.        Mendefinisikan
6.        Melabel
Mengingat atau menyadari informasi.
2.
Memahami
1.        Menjelaskan
2.        Mendeskripsikan
3.        Mengklasifikasi
4.        Mencontohkan
5.        Meringkas
6.        Mengelompokkan
Memahami makna, menetapkan kembali dalam kata-kata sendiri, menafsirkan, ekstrapolasi, menerjemahkan, merangkum, membuat ringkasan.
3.
Menerapkan
1.        Menggunakan
2.        Menerapkan
3.        Memecahkan
4.        Mengubah
5.        Menanggapi
6.        Menentukan
Menggunakan atau menerapkan pengetahuan, mempraktikkan teori, menggunakan pengetahuan dalam menanggapi keadaan nyata, merespon yang dipahami.
4.
Menganalisis
1.        Menganalisis
2.        Menguji
3.        Mengukur
4.        Membandingkan
5.        Menafsirkan
6.        Membagi
Menafsirkan elemen, prinsip-prinsip organisasi, struktur, konstruksi, hubungan internal, kualitas, keandalan komponen individu, menyeleksi hasil penerapannya.
5.
Mengevaluasi
1.        Menilai
2.        Meninjau
3.        Menyelidiki
4.        Mengelola
5.        Membenarkan
6.        Mempertahankan
Menilai efektivitas seluruh konsep, dalam hubungannya dengan nilai-nilai output, khasiat, kelangsungan hidup; berpikir kritis, perbandingan strategis dan review; penghakiman yang berkaitan dengan kriteria eksternal, mengontrol.
6.
Mencipta
1.        Merencanakan
2.        Merevisi
3.        Mengembangkan
4.        Membangun
5.        Mengintegrasikan
6.        Memodivikasi
Mengembangkan struktur unik baru, sistem, model, pendekatan, ide-ide, berpikir kreatif operasi.
Hasil Analisis Sutjipto
(Berdasarkan Anderson dan Krathwhol pada tahun 2001)




Rounded Rectangle: DOMAIN PSIKOMOTOR 


No.
Level Taksonomi
Kata Kerja Operasional yg Dapat Diukur
Deskripsi Perilaku
1.
Imitasi 
1.       Meniru
2.       Mengopi
3.       Menyalin
4.       Mengulangi
5.       Mengikuti
6.       Mencontoh
Menyalin tindakan orang lain. mengamati dan mereplikasi.
2.
Manipulasi
1.       Melakukan
2.       Melaksanakan
3.       Menerapkan
4.       Mengoperasikan
5.       Membangun
6.       Mencoba
Mereproduksi aktivitas dari instruksi atau memori.
3.
Presisi
1.       Menunjukkan
2.       Menampilkan
3.       Menyelesaikan
4.       Memperbaiki
5.       Mengontrol
6.       Menyajikan
Melaksanakan keterampilan terpercaya, independen dari bantuan, aktivitas cepat, halus, dan akurat.
4.
Artikulasi
1.       Menggabungkan
2.       Memecahkan
3.       Mengintegrasikan
4.       Memodivikasi
5.       Merevisi
6.       Mengadaptasi
Beradaptasi dan mengintegrasikan keahlian untuk memenuhi konteks baru atau tugas.
5.
Naturalisasi
7.       Membangun
8.       Mengelola
9.       Menciptakan
10.    Mendesain
11.    Membuat
12.    Menentukan
Naluriah, usaha, sadar penguasaan aktivitas dan terkait keterampilan strategis.
Hasil Analisis Sutjipto
(Berdasarkan versi RH Dave psikomotor domain)



1.    Analisis kelemahan dan kesesuaian  setiap kompetensi dasar dan indikator  pencapaian kompetensi pada silabus SD/SMP/SMA/SMK
Jawaban…


Analisis Tingkat Kompetensi Pada KD

Kelas/jenjang
KD
Tingkat kompetensi
Indicator
Tingkat kompetensi
VII/SMP
3.1 Memahami konsep gerak spesifik dalam berbagai permainan bola besar sederhana dan atau tradisional *)
4.1 Mempraktikkan gerak spesifik dalam berbagai permainan bola besar sederhana dan atau tradisional *)

C 2




C2








3.1.1.Mendiskripsikan berbagai gerak spesifik menendang, menahan dan menggiring bola permainan sepak bola.
3.1.2.     Menjelaskan gerak spesifik menendang, menahan dan menggiring bola permainan sepak bola.
3.1.3.     Menjelaskan cara melakukan gerakan menendang, menahan dan menggiring bola permainan sepak bola.
4.1.1.     Melakukan gerak spesifik menendang, menahan dan menggiring bola permainan sepak bola.
4.1.2. Menggunakan gerak spesifik menendang, menahan dan menggiring bola dalam bentuk permainan sepak bola yang dimodifikasi
C2


C2


C2


C2

C3



3.1.1.     Mendiskripsikan berbagai gerak spesifik passing, servis, smash dan blok pada permainan bola voli.
3.1.2.     Menjelaskan gerak spesifik passing, servis, smash dan blok pada permainan bola voli.
3.1.3.     Menjelaskan cara melakukan gerakan passing, servis, smash dan blok pada permainan bola voli.
4.1.1.     Melakukan gerak spesifik passing, servis, smash dan blok pada permainan bola voli.
4.1.2.     Menggunakan gerak spesifik passing, servis, smash dan blok dalam bentuk permainan bola voli yang dimodifikasi.

C2

C2

C2

C2

C3




3.1.1.     Mendiskripsikan berbagai gerak melempar, menangkap, dan menggiring bola permainan bola basket.
3.1.2.     Menjelaskan gerak melempar,menangkap, dan menggiring bola permainan bola basket
4.1.1.     Melakukan gerak melempar,menangkap, dan menggiring bola permainan bola basket.
4.1.2.     Menggunakan gerak melempar,menangkap, dan menggiring bola permainan bola basket  dalam bentuk permainan sederhana dengan peraturan yang dimodifikasi

C2


C2

C2

C3

3.3 Memahami konsep gerak spesifik jalan, lari, lompat, dan lempar dalam berbagai permainan sederhana dan atau tradisional.
4.3 Mempraktikkan gerak spesifik jalan, lari, lompat, dan lempar dalam berbagai permainan sederhana dan atau tradisional.

C2





C2
3.3.1. Mendiskripsikan berbagai gerak spesifik awalan/ancang-ancang,tumpuan, melayang di udara, dan mendarat.
3.3.2.Menjelaskan berbagai gerak spesifik awalan/ancang-ancang, tumpuan, melayang di udara, dan mendarat.
4.3.1.Melakukan berbagai gerak spesifik awalan/ancang-ancang, tumpuan, melayang di udara, dan mendarat.
4.3.2.Menggunakan berbagai gerak spesifik awalan/ancang-ancang, tumpuan, melayang di udara, dan mendarat dalam bentuk perlombaan lompat jauh menggunakan peraturan yang dimodifikasi

C2


C2

C2

C3



3.3.1.     Mendiskripsikan berbagai gerak start, langkah kaki, ayunan lengan, dan memasuki garis finish jalan cepat.
3.3.2.     Menjelaskan berbagai gerak start,langkah kaki, ayunan lengan, dan memasuki garis finish jalan cepat.
4.3.1.     Melakukan berbagai gerak start,langkah kaki, ayunan lengan, dan memasuki garis finish jalan cepat.
4.3.2.     Menggunakan berbagai gerak start, langkah kaki, ayunan lengan, dan memasuki garis finish jalan cepat dalam bentuk perlombaan dengan peraturan yang dimodifikasi

C2

C2

C2

C3



0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungannya... semoga bermanfaat...