Senin, 05 September 2016

Budi Pekerti

Pentingnya penumbuhan budi pekerti pada anak sejak dini di mulai dari lingkungan keluarga.


Kemendikbud merancang aturan tentang penumbuhan budi pekerti ini sebagai gerakan. Gerakan berarti menjadikan aturan ini sebagai milik bersama (lebih detail ada di bagian III). Dalam buku panduan ini kami memberikan keleluasaan kepada pembaca untuk mengisi contoh-contoh pembiasaan baik di sekitar lingkungan pembaca sekalian. Karena memang, penumbuhan budi pekerti tak cukup hanya diterapkan di sekolah. Ia adalah proses menyeluruh. Dari sisi tempat, berarti dipraktikkan di sekolah, rumah, maupun lingkungan sekitar; dari sisi waktu, berarti senantiasa dilaksanakan setiap waktu; dari sisi pelaku, berarti dilakukan oleh semua pelaku pendidikan.

 gambar 1, tentang penumbuhan budi pekerti siswa

Gambar 2. Tentang pendidikan karakter

Budi pekerti merupakan istilah yang digunakan untuk menyebut kepribadian seseorang itu baik. Istilah lainnya adalah adab atau akhlak. Kita melihat seseorang berbudi pekerti baik bila memang dia telah memiliki kebiasaan positif dalam sekujur hidupnya. Ini bukan proses sehari jadi. Seorang disebut sebagai jujur, contohnya, karena dia telah menjalani kesehariannya dengan nilai-nilai kejujuran dalam anak itu tumbuh dengan baik, sehingga membuahkan perilaku yang berbudi pekerti. Caranya dengan menciptakan iklim sekolah dan lingkungan yang lebih baik, agar semua warganya turut berbudi pekerti 

Berikut beberapa gambar tentang budi pekerti :

Wejangan


Memberi salam ketika guru masuk kelas

Menolong nenek menyeberangi jalan

Mencium tangan ibu/orang tua ketika akan bepergian

Nyuwun sewu


Gambar : Alur Gerakan Penumbuhan Budi Pekerti di sekolah meliputi

Related Posts:

  • Pembukaan Kegiatan Lomba OSN,O2SN,LCC,FLS2N,GSI DAN MTQPengertian O2SN (Olimpiade Olahraga Siswa Nasional) O2SN merupakan singkatan dari Olimpiade Olahraga Siswa Nasional yakni sebuah event Nasional untuk menemukan bibit-bibit baru Indonesia dalam bidang Olahraga. O2SN juga diseb… Read More
  • GERAK LOKOMOTOR, GERAK NON LOKOMOTOR, GERAK MANIPULATIF  sumber foto : https://www.google.co.id/imgres?imgurl=https%3A%2F%2F1.bp.blogspot.com GERAK LOKOMOTOR, GERAK NON LOKOMOTOR,  GERAK MANIPULATIF Gerak dasar fundamental (fundamental basic… Read More
  • Fungsi Penilaian Fungsi Evaluasi dan penilaian dalam pembelajaran adalah untuk mengetahui tingkat ketercapain peserta didik pada setiap kompetensi dasar yang telah di berikan, yang hasil akhir nya dalam bentuk angka-angka dengan demikian guru… Read More
  • Pemilihan Ketua OSIS Pemilihan ketua osis SMP Negeri 1 Sungai Penuh  berlangsung pada hari senin 30 Oktober 2017, dengan di awali oleh kepala sekolah dan guru kemudian di lanjutkan oleh siswa siswi SMP Negeri 1 Sungai Penuh yang berjumlah 67… Read More
  • Karakteristik Peserta Didik MEMAHAMI KARAKTERISTIK PESERTA DIDIK Kompetensi pedagogik ini, juga dijadikan syarat oleh pemerintah dalam menilai kemampuan dan kinerja guru  yang  terstandarisasi. Sehingga di dalam pendidikan dan pela… Read More

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungannya... semoga bermanfaat...